Minggu, 11 April 2010

Makalah Komunikasi Massa

SOSIOLOGI KOMUNIKASI MASSA
Oleh : Abdul Mudjib
107051000023



A.      Karaktristik Public Opinion

Respon Aktif                      : Membutuhkan Sikap Dari Khalayak

Menyumbang Image      : Menyumbang Citra

Diskontruksi                       : Hasil Dari Kejadian

Menyangkut Kepribadian Masyarakat


B.      Preassure Group                      : Kelompok masyarakat yang bertujuan dengan cara Advocasi


C.      Interence Group                      : Kelompok kepentingan


D.      Perspektif Agenda Setting  : Informasi yang diekspose melalui sususan agenda/media

  Massa



E.       Pengagas Agenda Setting    : Max Well Mc Combs dan Donald L. Shaw



F.       Keyword Agenda Setting     : Pemilihan dan Penonjolan

G.     Agenda Media                         

Visibility                                   : Jumlah dan Tingkat Penonjolannya Berita

Audience Salience               :  Tingkat Menonjolnya Bagi Khalayak

Valence                                     : Menyengkan atau tidak menyenangkan cara pemberitaan

  bagi suatu khalayak

H.      Agenda Khalayak                    

Familiarity (Keakraban) Yakni derajat kesadaran khalayak akan topik tertentu

 Personal Saliece (Penonjolan pribadi) Yakni relevasi kepentingan dengan ciri pribadi

 Favorability (Kesenangan) Yakni pertimbangan senang, atau tidak senang akan topik berita

I.        Policy Agenda                          

 Support (Dukungan) Yakni kegiatan yang menyenangkan bagi posisi suatu berita tertentu

 Like Lihood of Action (Kemungkinan Kegiatan) Kemungkinan melaksanakan apa yang diberikan

Freedom of Action (Kebebasan Bertindak) Yakni nilai kegiatan yang mungkin dilakukan

EFEK MEDIA AGENDA SETTING


1.       Efek Langsung

Isu itu ada, atau tidak ada di khalayak

 Mana yang penting

  Dirangking oleh responden


2.       Efek Tidak Langsung

 Persepsi

Tindakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar