SOSIOLOGI KOMUNIKASI MASSA
Oleh : Abdul Mudjib
107051000023
A. Karaktristik Public Opinion
Respon Aktif : Membutuhkan Sikap Dari Khalayak
Menyumbang Image : Menyumbang Citra
Diskontruksi : Hasil Dari Kejadian
Menyangkut Kepribadian Masyarakat
B. Preassure Group : Kelompok masyarakat yang bertujuan dengan cara Advocasi
C. Interence Group : Kelompok kepentingan
D. Perspektif Agenda Setting : Informasi yang diekspose melalui sususan agenda/media
Massa
E. Pengagas Agenda Setting : Max Well Mc Combs dan Donald L. Shaw
F. Keyword Agenda Setting : Pemilihan dan Penonjolan
G. Agenda Media
Visibility : Jumlah dan Tingkat Penonjolannya Berita
Audience Salience : Tingkat Menonjolnya Bagi Khalayak
Valence : Menyengkan atau tidak menyenangkan cara pemberitaan
bagi suatu khalayak
H. Agenda Khalayak
Familiarity (Keakraban) Yakni derajat kesadaran khalayak akan topik tertentu
Personal Saliece (Penonjolan pribadi) Yakni relevasi kepentingan dengan ciri pribadi
Favorability (Kesenangan) Yakni pertimbangan senang, atau tidak senang akan topik berita
I. Policy Agenda
Support (Dukungan) Yakni kegiatan yang menyenangkan bagi posisi suatu berita tertentu
Like Lihood of Action (Kemungkinan Kegiatan) Kemungkinan melaksanakan apa yang diberikan
Freedom of Action (Kebebasan Bertindak) Yakni nilai kegiatan yang mungkin dilakukan
EFEK MEDIA AGENDA SETTING
1. Efek Langsung
Isu itu ada, atau tidak ada di khalayak
Mana yang penting
Dirangking oleh responden
2. Efek Tidak Langsung
Persepsi
Tindakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar